Gali kreatifitas Guru TK Lewat Kegiatan Perlombaan

Oleh Nawwir Qolam - Jum Apr 26, 15:08 WIB

Pekanbaru (RC)-Berbeda dari biasanya dalam kegiatan perlombaan yang d selengarakan di tingkat taman kanak-kanak, sejauh ini dalam lomba yang di gelar lebih mengedepankan untuk anak-anak TK sendiri, kali ini Dinas pendidikan Riau gelar lomba untuk para guru TK se Riau.
Dalam ajang perlombaan ini, sebanyajk 360 guru TK se Riau mengikutinya. Ini berlangsung hingga 27 April mendatang, guru TK akan memperebutkan menjadi pemenang dari sepuluh macam lomba yang di perlombakan berkaitan langsung dengan profesi yang di tekuni.
Kepala Disdik Riau, HM Wardan MP,  membuka kegiatan lomba menginginkan, dalam pelaksaan lomba yang di gelar dapat mengedepankan sportifitas, sebab dari ajang ini dapat membangkitkan serta merangsang kreatifitas para guru TK.
Menyangkut maslah hadiah, yang disediakan panitia semestinya tidak hanya sebatas piala dan sertifikat. Tapi perlu ada penghargaan dalam bentuk materiil sehingga menjadi penyemangat.

Setiap tahun Disdik sudah berupaya meningkatkan mutu, kualitas serta kompetensi pendidik TK. Diantaranya lewat kegiatan lomba seperti ini. Karena dengan berbagai lomba seperti ini, setiap tahun kualitas guru mengalami peningkatan, kata wardan.

Ketua Pelaksana, Elvira Yuaningtyas SE mengatakan, sepuluh jenis lomba itu berkaitan erat dengan tugas para guru TK. Seperti, Musabakah Tilawatil Quran, lomba gerak dan lagu, senam irama kreasi baru dan finger painting. Disamping itu, lomba bercerita dengan alat peraga, cipta lagu dan menyanyi, senam fantasi, membuat alat peraga dari bahan sisa serta lomba bermain sambil bernyanyi.
Dengan mengikuti berbagai lomba ini, para guru bisa berinovasi, mengembangkan ide dan nalar mereka ketika mengajar di jenjang TK. Serta semakin terdorong meningkatkan mutunya.

Hal itu sejalan dengan tujuan lomba, untuk mengembangkan bakat dan minat guru di bidang seni, olahraga dan kreativitas. Membina dan mempersiapkan guru agar bisa mengembangkan lomba sendiri di TK masing-masing.
Disdik pun berharap para peserta mampu mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif dan rasa tanggungjawab di dalam dirinya. Selanjutnya,mampu mengembangkan ekspresi seni sesuai norma dan karakter guru. (SIMS)